Sabtu, 23 Februari 2013

Terminal Bus Terbesar di Asia Tenggara,

Terminal Modern Sentra Timur yang terintegrasi dengan kawasan Sentra Timur Superblock akan beroperasi di tahun 2013 ini. Dengan konsep seperti bandara modern, terminal ini dipercaya sebagai akses utama menuju Jakarta melalui jalur darat.





Pembangunan terminal Sentra Terpadu Timur Pulogebang yang terletak di kawasan Sentra Timur kini telah mencapai tahap finishing atau sekitar 80%. Perampungan hingga 100% ditargetkan selesai pada 15 Oktober 2012 mendatang. Meski demikian, Terminal Sentra Timur Pulogebang seluas 9.08 hektar ini telah lebih dulu diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Dr. Ing. H. Fauzi Bowo pada 23 Juni 2012. Tujuannya, agar masyarakat bisa lebih cepat menikmati terminal terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Namun, pengoperasian terminal terpadu Sentra Timur Pulogebang sementara berlaku bagi beberapa angkutan umum saja, salah satunya adalah Transjakarta. Sedangkan angkutan lainnya, akan menyusul pada saat terminal telah mencapai tahap finishing 100% di bulan Oktober.
Jika biasanya busway Transjakarta hanya mencapai halte Walikota Jakarta Timur, maka setelah dilaksanakan soft launching, Transjakarta akan mencapai halte Terminal Terpadu Sentra Timur Pulogebang yang letaknya hanya selangkah saja dari Sentra Timur.

Terminal seluas 9.08 hektar yang terdiri dari 4 lantai ini akan dibuat sangat grand dengan konsep yang sangat modern dan extraordinary. Pada lantai 1 akan dipenuhi dengan supermarket dan departemen store.
Pada mezzanine floor, juga akan dijadikan sebagai area retail serta tempat pembelian tiket untuk dalam kota serta luar kota. Kemudian pada lantai 2 akan dipenuhi dengan pintu masuk angkutan umum dalam kota dan luar kota yang akan langsung tersambung dengan fly-over menuju jalan tol. Lalu ada pool angkutan umum antar kota, tempat penurunan penumpang bus Transjakarta, penurunan penumpang bis dalam kota dan antar kota.

Sedang lantai 3 akan diisi sebagai area pertokoan serta food court. Dan lantai 4 untuk perkantoran bagi Dinas Perhubungan DKI serta tempat istirahat para penumpang bus. Bayangkan seberapa lengkap dan mewahnya terminal yang dipastikan menjadi terminal terbesar se-Asia Tenggara ini.
Selain itu, terminal yang terdiri dari 12 lanjur serta daya tampung 1438 bus besar dan sedang ini juga sengaja di desain berdekatan dengan pintu tol guna memudahkan akses bis (khususnya luar kota) untuk dapat langsung masuk ke tol JORR dengan adanya jalur tersendiri melalui fly-over Sentra Timur yang langsung megakses ke tol JORR Sentra Timur

Tak hanya terminal modern, fly-over yang saat ini tengah dibangun pun tengah memasuki tahap pengerjaan. Fly-over masih belum sesiap terminal modern dan rencananya baru akan dioperasikan pada Desember 2012 mendatang.

Fly-over yang terletak di KM 51 Jakarta Outer Ring Road (JORR) ini merupakan akses masuk dari terminal modern dari tol arah Cikampek menuju Tanjung Priok dan akses keluar dari terminal modern menuju tol arah Cikampek.

Dengan adanya fly-over ini, maka diharapkan mampu mengurangi kemacetan karena diharapkan menjadi akses keluar-masuk dari dan menuju terminal modern. Selain itu, fly-over ini juga akan semakin lancar karena adanya pelebaran jalan, kemudian juga meningkatkan serta memudahkan akses menuju tol JORR (Cikampek-Tanjung priok).

Selain mengurangi kemacetan, dengan adanya fly-over serta terminal modern ini sangat menguntungkan bagi Sentra Timur Superblock. Akses semakin mudah, kawasan semakin hidup dan tentunya hal tersebut akan berdampak pada naiknya nilai investasi di kawasan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar